Cara mencari, menghitung dan menentukan nilai Kuartil / Quartil data tunggal

Cara mencari, menghitung dan menentukan nilai Kuartil / Quartil data tunggal.  Kuartil / Quartil di sebut juga perempatan adalah ukuran yang membagi suatu data menjadi empat bagian. Jika mendian membagi data yang telah di urutkan datumnya dari yang terkecil hingga yang terbesar menjadi dua bagian yang sama banyak, maka kuartil / quartil membagi data menjadi empat bagian dan sama banyak juga.

Dari hasil pembagian itu akan di ketahui tiga macam kuartir / quartil, yaitu:
1. Kuartil bawah (Q1)
2. Kuartil tengah / median (Q2)
3. Kuartil atas (Q3)

Lalu bagaimanakan cara mencari, menghitung dan menentukan Kuartil / Quartil suatu data?
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mengurutkan data yang di peroleh dari datum terkecil ke datum terbesar. Lalu tentukan nilai Mediannya atau Quartil tengahnya (Q2). Nilai Kuartil tengah (Q2) di cari dan di tentukan dengan menggunakan Rumus Median yang telah Admin bahas sebelumnya di artikel: Cara mencari, menghitung dan menentukan nilai Media suatu data.

Setelah di peroleh nilai Kuartil Tengah / Mediannya, ambil data di bawah Median/Kuartil tengah/Q2 dan bagi dua lagi untuk menentukan nilai Q1 (kuartil/Quartil bawah). Setelah Quartil bawah (Q2) berhasil di ketahui nilainya, temukan quartil atas (Q3). Caranya adalah dengan mengambil data di atas Median/Kuartil Tengah/Q2, dan membaginya menjadi 2 bagian yang sama banyak dengan rumus Median.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan Gambar di bawah ini: 

Dari gambar diatas, dapat di hitung:

1. n = 9 (Dk - Db)

2. Q2 = X(n+1)/2 = X(9+1)/2 = X5 = 4

3. n= 5 (Dk - Q2) 
  Q1 = X(n+1)/2 = X(5+1)/2 = X3 = 4

4. n=5 (Q2 - Db) 
  Q3= X(n+1)/2 = X(5+1)/2 = X3 
X3 dari data Q2 - Db = X7 = 6



Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan